Spiga

Untukmu yang Berjiwa Hanif



Pemateri: Ust. Armen Halim Naro, Lc. Rahimahullah
VCD: Ceramah Bedah Buku “Untukmu yang Berjiwa Hanif
Isi: 2 CD

Rasanya semua orang sepakat dengan tujuan hidup yaitu mencari dan menggapai kebahagiaan. Semua manusia menginginkan hidupnya bahagia, dan semua tahu bahwa untuk menggapainya diperlukan pengorbanan. Hanya saja, manusia banyak salah dalam mencari jalan kebahagiaan, banyak yang memilih sebuah jalan hidup yang ia sangka disana ada pantai kebahagiaan, kiranya hal itu merupakan jurang kebinasaan, itu hanya sebatas fatamorgana kebahagiaan, bukan kebahagiaan yang hakiki. Celakanya lagi, semakin dilalui jalan fatamorgana tersebut semakin jauh pula ia dari jalan kebahagiaan hakiki, kecuali ia surut kembali ke pangkal jalan.

Banyak orang menyangka kebahagiaan ada pada harta, karenanya ia berupaya mencari sumber-sumbernya dengan berletih dan berpeluh. Setelah memperoleh harta tersebut, ia tetap gundah dan perasaan masih gelisah!! Ada saja yang membuat hati itu gelisah, kadang-kadang munculnya dari anak-anaknya, dari isterinya atau tak jarang juga datang dari usaha itu sendiri.

Banyak pula yang menyangka bahwa pangkat, jabatan dan kekuasaan adalah kebahagiaan. Ketika dilihat mereka yang berkuasa dan bertahta, secara lahiriyah mereka tampak begitu bahagia hidupnya! Pergi dijemput pulang diantar, ketika ia berkehendak tinggal memesan, perintahnya tidak ada yang menghalangi. Akan tetapi setelah diselidiki lebih mendalam, kita masuk menembus dinding istananya, akan terdengar keluhkesahnya, dalam tahta yang tinggi itu terdapat jiwa yang rapuh.

Jadi apa kebahagiaan yang sebenarnya? Apa kebahagiaan sejati yang harus dicari oleh manusia? Siapa yang sebenarnya orang yang bahagia? Apa sarana untuk mencapainya?

Ketika hati dan jiwa berada dalam kubangan lumpur dosa, terseok-seok dalam parit, jauh dari jalan-Nya yang lurus maka cahaya hidayah tertutup semakin menebal. Tetapi dalam jiwa yang hanif, ada seberkas cahaya yang mampu untuk membuka pintu hidayah yang menghantarkan kembali ke dalam keridhaan Allah.

Bagaimanakah jiwa yang hanif membuka pintu hidayah?

Ketika jejak-jejak kasih sayang Allah sudah mulai tampak di halaman kalbu, awan mahabbah dan kabut cinta Allah sedang datang berarak di langit hati, pertanda rahmat hidayah akan turun menyirami taman jiwa. Tidak berselang lama, akan tumbuh fitrah yang suci, hadir perasaan tunduk dan patuh pada kebenaran, timbul motivasi semangat untuk kebahagiaan bisa direngkuh kembali.

Allah berfirman: “Dan orang-orang yang berjuang dalam jalam Kami, akan Kami beri mereka hidayah menuju jalan-jalan kebaikan Kami”. (QS. Al-Ankabut:69)
Sekiranya hidayah itu di biarkan saja, tidak diolah dengan benar bahkan sering ditelantarkan dan dilalaikan, pasti ia berlalu dan meninggalkannya dalam kesendirian menyebabkan ia harus menunggu pada sebuah penantian yang tidak berkesudahan, Allah berfirman:
Ketika mereka menyelewengkan dari jalan kebenaran, Kami selewengkan hati mereka.” (QS. As-Shaf:5)

Tidak ada pilihan lain bagi seorang hamba kecuali melanjutkan pencarian dan memperkokoh keyakinan. Karena bangun dari kelalaian merupakan langkah awal dari sebuah perjalanan menuju shirathul mustaqim. Jalan yang telah ditempuh oleh para Nabi dan Rasul, orang-orang shiddiq, para syuhada, dan orang-orang yang shalih. Itu pula yang telah dilalui oleh Rasulullah Shalallahu’Alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

Tema bahasan ini adalah:
- Untuk mereka yang mempunyai fitrah yang lurus dan hati yang hanif….
- Untuk mereka yang haus akan Ilmu Al-Qur’an dan As Sunnah….
-Untuk mereka yang sedang menempuh jalan yang ditempuh oleh Salman Al-Farisi dan Waraqah bin Naufal ….
- Untuk mereka yang hendak menggapai kejayaan dan mendulang keemasan...

Pondok Pesantren Imam Bukhari - SOLO

Tujuan:
Membentuk Generasi Thalibul Ilmi Yang Bermanhaj Salaf dalam Beraqidah, Beribadah, Berakhlak, Bermuamalah, dan Berdakwah.

Visi:
Menjadi Lembaga Pendidikan dan Dakwah Islam Bermanhaj Salaf yang Unggul dan Amanah.

Misi:
Mengemban Risalah Dakwah Melalui Jalur Lembaga Kaderisasi Ilmiah Berbentuk Pondok Pesantren yang Bermanhaj Salaf

Sekretariat:
Jl. Raya Solo - Purwodadi Km. 8 Selokaton Gondangrejo Karanganyar 57183 Solo. Telp. (0271) 858199 Fax. (0271) 858196, HP 081393099045, 081329776541. http://www.bukhari.or.id Email: pondok@bukhari.or.id

MUQODDIMAH

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (QS. At-Taubah: 100)

Pada saat ini, lahirnya generasi yang benar-benar bertakwa dan kuat ilmunya terhadap al-Qur’an dan Sunnah sesuai dengan pemahaman Salafus Shalih, merupakan keniscayaan. Sebab merekalah yang kelak diharapkan akan membimbing serta mengarahkan ummat menuju kehidupan yang bersih, takwa dan islami sesuai dengan manhaj Ahlu Sunnah wal Jama’ah.

Maka untuk maksud itulah, Pondok Pesantren Imam Bukhari memberikan kesempatan kepada para orang tua, memasukkan putra-putrinya untuk dibimbing dan dididik mempelajari dienul Islam secara benar dengan manhaj Ahlu Sunnah wal Jama’ah.

Pondok Pesantren Imam Bukhari menerapkan pola pendidikan Islam yang bertitik tekan pada tasfiyah dan tarbiyah, tasfiyah berarti memurnikan ajaran Islam dari segala noda syirik, bid’ah, khurafat, gerakan-gerakan dan pemikiran-pemikiran yang merusak Islam. Tarbiyah berarti mendidik kaum muslimin menjadi terbiasa mengamalkan ajaran-ajaran Islam yang sudah dipahami secara benar.

Hafalan Qur’an adalah Program Unggulan Pondok Pesantren Imam Bukhari yang diterapkan di program Ibtida’iyyah Tahfidzul Qur’an. Diharapkan santri mempu menghafal 30 juz al-Qur’an selama 6 tahun. Penguasaan terhadap ilmu-ilmu pokok agama islam seperti Aqidah, Fiqih, Hadits, Tafsir dan ilmu-ilmu alat lainnya, juga merupakan program yang sangat ditekankan. Disamping itu juga memberikan kesempatan kepada setiap santri untuk mendapatkan ijasah pemerintah dengan menjalin kerja sama dengan Diknas melalui Program Pendidikan Kesetaraan, sehingga santri mendapat peluang untuk melanjutkan belajar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

PROGRAM PENDIDIKAN

Program Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an (Setingkat SD) 6 tahun Putra dan Putri (terpisah)

A. Target:

  1. Hafal Al-Qur’an 30 juz
  2. Hafal Hadits Arba’in Nawawi
  3. Memahami dan menguasai ilmu Syar’i dasar, yang terpenting diantaranya; Tauhid, fiqih, Akhlak, dan Hadits
  4. Memahami dan menguasai bahasa arab dasar baik lisan, tulisan maupun baca
  5. Mengerti beberapa ilmu pengetahuan umum penunjang seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS
  6. Menguasai doa dan praktek ibadah dengan benar

B. Ijasah

Program Ibtidaiyyah, di samping mengeluarkan ijazah khusus pesantren, juga mengeluarkan ijazah Negara (melalui Program Pendidikan Kesetaraan Paket A)

Program Mutawasithah (setingkat SLTP) berlanjut Tsanawiyah (setingkat SMU) 6 Tahun Putra dan Putri (terpisah)

A. Target Mutawasithah:

  1. Target hafalan Al Qur’an 10 Juz
  2. Hafalan hadits-hadits ahkam dan pilihan
  3. Memahami dan menguasai pelajaran ilmu-ilmu syar’i tingkat menengah yang meliputi: Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, Akhlaq. dll
  4. Memahami dan menguasai bahasa arab tingkat menengah baik lisan, tulisan, maupun baca
    Lisan: Mampu berkomunikasi dan memahami pembicaraan orang lain termasuk ceramah s/d minimal 65%
    Tulisan: Mampu menulis dengan kaidah yang benar dengan kecepatan sedang.
    Baca: Mampu membaca kitab / media-media berbahasa Arab dengan kaidah yang benar s/d minimal 65 %.
  5. Menguasai doa dan praktek ibadah dengan benar
  6. Mengerti beberapa mata pelajaran umum penunjang seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS

B. Ijasah

Program Mutawasitah, di samping mengeluarkan ijazah khusus pesantren, juga mengeluarkan ijazah Negara (melalui Program Pendidikan Kesetaraan Paket B)

Program Tsanawiyah (setingkat SMU Lanjutan dari Mutawasithah) Putra dan Putri (terpisah)

A. Target Tsanawiyah:

  1. Target hafalan Al Qur’an 20 Juz
  2. Hafal hadits-hadits hukum dan umum
  3. Memahami dan menguasai pelajaran ilmu-ilmu syar’iyyah tingkat menengah atas yang meliputi : Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqih, Akhlaq, dll
  4. Memahami dan menguasai bahasa arab tingkat menengah atas baik lisan, tulisan, maupun baca:
    Lisan: Mampu berkomunikasi dengan lebih baik dan lancar serta memahami pembicaraan orang lain termasuk ceramah secara lebih baik s/d minimal 80 %
    Tulisan: Bisa menulis dengan kaidah yang benar secara lebih cepat (satu menit minimal 15 kata - dikte/imla’)
    Baca: Mampu membaca dan memahami kitab-kitab gundul / majalah-majalah arab dengan tingkat kebenaran minimal 80 %
  5. Menguasai doa dan praktek ibadah secara benar dan lebih sempurna dengan dalil-dalilnya.
  6. Menguasai ilmu-ilmu alat seperti Nahwu, Sharaf, Usul, Fiqih dasar, Musthalah hadits, dll.

B. Ijasah

Program Tsanawiyyah, di samping mengeluarkan ijazah khusus pesantren, juga mengeluarkan ijazah Negara (melalui Program Pendidikan Kesetaraan Paket C).
Ijazah khusus pesantren, sedang dalam proses muadalah/akreditasi oleh Jami’ah Islamiyah Madinah An Nabawiyah KSA, dan akan terus diusahakan untuk bisa diakui di beberapa perguruan tinggi, dalam maupun luar negri

Progam I’dad Lughawi 1 tahun Putra dan Putri (terpisah)

Tujuan:
Menjaring lulusan SMP/SLTP/MTS/Sederajat putra putri untuk dipersiapkan masuk program Tsanawi

Target:

  1. Menguasai dasar-dasar bahasa arab dan ilmu agama setingkat mutawasithah, secara simple hingga mampu mengikuti program Tsanawi.
  2. Hafal 3 juz Al-Qur’an: juz 30, 29, 28

Program I’dad Muhafidz Putra dan Putri (terpisah) GRATIS

Tujuan:
Program ini dibuka sebagai pendidikan calon guru hafalan al-Qur’an. Dan program ini merupakan program Ikatan Dinas. (bebas biaya pendidikan)

Target:

  1. Hafal Al-Qur’an 30 juz dalam waktu 2 tahun,
  2. Mampu mengajar hafalan Qur’an,
  3. Memahami aqidah dan manhaj Salaf,
  4. Mengetahui hukum-hukum ibadah praktis,
  5. Memahami dasar-dasar bahasa Arab serta
  6. Memiliki akhlak dan adab Islami sesuai dengan manhaj Salaf.

KEGIATAN EKSTRA KURIKULER

  1. Komputer
  2. Olahraga beladiri
  3. OSPIM (Kegiatan Santri; bulletin Al-Ilmu, mading, lughah, muhadhoroh, dll)
  4. Menjahit
  5. Tata Boga
  6. Dll

PROGRAM BEASISWA

Pondok Pesantren Imam Bukhari memberikan beasiswa kepada santri yang meraih prestasi dengan predikat istimewa. Beasiswa ini diberikan selama santri bersangkutan dapat mempertahankan prestasinya.

FASILITAS

Masjid Jami’ kapasitas 500 jama’ah, Masjid khusus putri, gedung belajar dan asrama, ruang makan, pelayanan kesehatan 24 jam, wartel 24 jam, klinik gigi, ketrampilan komputer dan las listrik (putra), ketrampilan menjahit dan tata boga (putri), Laboratorium bahasa, pakaian dicucikan (program Ibtida’iyyah), Olah raga (volly ball, tenis meja, bulu tangkis, bela diri Tifan Po Khan) waserba, ruang kegiatan santri (OSPIM) dan penerbitan buletin ilmiah santri AL-ILMU, dll

TENAGA PENDIDIK

Alumni Timur Tengah, Pakistan, LIPIA, Pesantren, Hafidz dan Hafidzah, Perguruan Tinggi, dan tenaga-tenaga ahli lainnya.

PRESTASI HAFALAN AL-QUR’AN

  1. Santri hafal Al-Qur’an 30 juz: 26 santri
  2. Santri hafal Al-Qur’an 20 juz ke atas: 27 santri
  3. Santri hafal Al-Qur’an 15 juz ke atas: 35 santri

JADWAL

Waktu Pendaftaran dan Tes seleksi (one day service)

  1. gelombang I: 12 April - 12 Mei 2008
  2. gelombang II: 25 Mei - 15 Juni 2008

Pengumuman

  1. gelombang I: 20 Mei 2008
  2. gelombang II: 22 Juni 2008

Daftar Ulang

  1. gelombang I: 20 - 23 Mei 2008
  2. gelombang II: 01 - 03 Juli 2008

Serah Terima Santri Baru: 04 Juli 2008

Orientasi Santri Baru: 05 - 10 Juli 2008

Tempat Pendaftaran dan Tes Seleksi

Pondok Pesantren Imam Bukhari Jl. Raya Solo-Purwodadi Km. 8 Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar 57183-Solo Telp. 0271-858199, Fax. 0271-858196 HP 081393099045, 081329776541.

KRITERIA KELULUSAN

  1. Lulus test lisan, tulis, dan wawancara dengan qualifikasi kelulusan / skor yang ditentukan panitia
  2. Sehat Jasmani dan Rohani

SELEKSI

Materi tes seleksi meliputi:

Tes Lisan

Program Ibtida’iyya: Baca Iqra’, baca latin, wawancara anak dan orang tua, pemeriksaan kesehatan
Program Mtw/I’dad Lughawi: Baca al-Qur’an, wawancara anak dan orang tua pemeriksaan kesehatan.
Program I’dad Muhafidz: Baca al-Qur’an, wawancara anak, pemeriksaan Kesehatan.

Tes Tulis

Program Mtw/I’dad Lughawi: Pengetahuan Agama, Matematika dan Bahasa Indonesia

ONE DAY SERVICE (Mendaftar langsung tes)

Tes seleksi dilaksanakan pada saat pendaftaran (one day service), calon santri yang baru datang mendaftar di Ma’had Imam Bukhari sekaligus dilaksanakan serangkaian tes seleksi.

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN

Syarat-Syarat Umum

  1. Diantar oleh orang tuanya atau walinya
  2. Membayar uang pendaftaran Rp 150.000
  3. Mengisi formulir pendaftaran
  4. Melampirkan foto kopi akte/kenal lahir dari desa 3 lemar
  5. Tidak mempunyai riwayat penyakit keturunan/berat semisal Hepatitis, Epilepsi, Asma, dll.

Syarat-Syarat Khusus

Program Ibtida’iyah Tahfidzul Qur’an:

  1. Usia minimal 6 tahun maksimal 7 tahun
  2. Sudah mempunyai kemampuan mandiri
  3. Ijin tertulis dan pernyataan kesanggupan dari wali (disediakan blangko)

Program Mutawasithah:

  1. Lulus SD/MI/Sederajat
  2. Menyerahkan foto Copy raport 3 tahun terakhir (kelas 4, 5, dan 6)
  3. Ijin tertulis dan pernyataan kesanggupan dari wali (disediakan blangko)

Program I’dad Lughawi

  1. Lulus SLTP/Sederajat
  2. Menyerahkan foto Copy raport kelas 1, 2, dan 3
  3. Ijin tertulis dan pernyataan kesanggupan dari wali (disediakan blangko)

Program I’dad Muhafidz (Ikatan Dinas)

  1. Usia maksimal 22 tahun (putra) 20 tahun (putri)
  2. Lulusan SMU / sederajat
  3. Menyerahkan Foto Copy Ijazah
  4. Sanggup mengabdi di Ma’had sewaktu-waktu diperlukan.
  5. Ijin tertulis dari wali (disediakan blangko)

AWAL TAHUN PELAJARAN

  1. Serah Terima Santri Baru: 4 Juli 2008 (Wali santri wajib hadir)
  2. Orentasi Santri Baru: 5 - 10 Juli 2008
  3. Mulai belajar semester ganjil Tahun Pelajaran 2008-2009 Tanggal 14 Juli 2008

LOKASI PESANTREN

  1. Dari luar kota Solo, menuju arah terminal Tirtonadi Solo, selanjutnya ke arah Purwodadi, + 8 km lagi sampai di pesantren Imam Bukhari.
  2. Dari terminal tirtonadi Solo: Naik minibus jurusan Gemolong/Kaliyoso, turun di pesantren Imam Bukhari + 8 km. Atau
  3. Naik Taxi menggunakan argo + Rp 20.000

Catatan:

  1. Tes seleksi dilaksanakan pada saat pendaftaran (one day service), calon santri yang baru datang mendaftar di Ma’had Imam Bukhari sekaligus dilaksanakan serangkaian tes seleksi.
  2. Saat seleksi, calon santri harus didampingi walinya,.
  3. Khusus pendaftar dari luar negeri, teknik pelaksanaan tes (tulis, lisan dan wawancara dilakukan via internet dengan cara chating melalui YAHOO MESSENGER dengan username ppsbppib.
  4. Untuk tes kesehatan akan dilakukan tes ulang ketika santri sudah datang.
  5. Pengumuman tes seleksi akan di upload di situs http://bukhari.or.id atau bisa ditanyakan melalui SMS ke 081393099045, 081329776541 atau datang langsung ke Pondok Pesantren Imam Bukhari
  6. Saat Serah Terima Santri Baru; Hari Rabu tanggal 4 Juli 2008 jam 09.00, Wali santri wajib hadir

Informasi lebih lanjut hubungi:
Telp: 0271-858199, HP 081393099045, 081329776541
Fax: 0271-858196
Website: http://www.bukhari.or.id
E-mail: ppsbppib@yahoo.com atau pondok@bukhari.or.id

Sumber: www.muslim.or.id

Pondok Pesantren Islamic Center Bin Baz - Yogya

PENDAHULUAN

Islamic Centre Bin Baz (ICBB), Pondok pesantren di bawah Yayasan Majelis At Turots Al Islamy Yogyakarta ikut berpartisipasi membina dan menyiapkan generasi islam yang lurus akidahnya, berakhlak mulia, dan senantiasa meneladani jejak Rasulullah dan para Salafush Shalih.

Materi pelajaran yang diajarkan adalah hafalan Al Qur’an, Bahasa Arab, pelajaran diniyah dan pelajaran umum yang diberikan secara proporsional. Dengan cara tersebut para santri diharapkan mendapatkan bekal yang cukup, duniawi maupun ukhrawi.

Pelajaran diniyah meliputi pelajaran Tahfizh Al Qur’an, Akidah, Ibadah, Akhlak, Fikih, Hadits, Tarikh Islam, Bahasa Arab, dll. Kurikulum pelajaran diniyah yang dipakai adalah gabungan kurikulum Timur Tengah dengan kurikulum pondok pesantren.

Pelajaran umum meliputi semua pelajaran yang diujikan secara nasional. Santri Salafiyah Ula dan Salafiyah Wustha (tingkat SD dan SLTP) mengikuti PROGRAM WAJAR DIKDAS 9 TAHUN (singkatan: Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun) yang dikelola oleh Departemen Agama bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional, sedangkan santri Salafiyah Aliyah (tingkat SMU) mengikuti Program Paket C. Lulusan Program Paket C mendapatkan ijazah setara SMU dari Pemerintah yang dapat digunakan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, negeri maupun swasta, baik di dalam ataupun di luar negeri.

Jadi, para lulusan Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz mendapatkan 2 ijazah, yaitu dari Pondok Pesantren dan dari Pemerintah. Ijazah pada jenjang Salafiyah Aliyah sedang dalam proses pengajuan mu’adalah/akreditasi ke Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, dengan harapan agar kelak para lulusan kita mudah untuk masuk ke universitas tersebut.

Dalam usaha meningkatkan mutu dan kualitas dalam segala bidang, sistem manajemen Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz sedang berusaha diselaraskan dengan standar manajemen internasional ISO 9001:2000.

JENJANG PENDIDIKAN

  1. Raudhatul Athfal / RA (setingkat TK)
  2. Salafiyah Ula/ SU (setingkat SD)
  3. Salafiyah Wustha/ SW (setingkat SLTP)
  4. Salafiyah Aliyah / SA (setingkat SMU)
  5. Takhosus (Program Khusus untuk Persiapan Bahasa Arab)
  6. Ma’had Ali (Setingkat Sekolah Tinggi Agama Islam fakultas Tarbiyah)

Keterangan:

  • Tingkat Raudhatul Athfal hanya menerima santri non-asrama.
  • Santri Salafiyah Aliyah wajib tinggal di asrama.
  • Program Takhosus diperuntukkan bagi lulusan SLTP/sederajat yang berasal dari luar Islamic Centre Bin Baz.
  • Mahasiswa Ma’had Ali akan diusahakan mendapatkan ijazah pemerintah dan diikutkan program lain di luar pendidikan ICBB, seperti MEDIU (Al-Madinah International University). Pada tahun pelajaran 2008-2009 ini hanya menerima mahasiswa putri.

TENAGA PENGAJAR

Para hafizh/hafizhah (29 orang), alumni Timur Tengah (9 ustadz lulusan Universitas Islam Madinah & Universitas Imam Muhammad Ibnu Saud Riyadh), lulusan magister Universitas di Pakistan (1 orang), LIPIA (2 ustadz), IAIN, UGM, IKIP, UNHAS, UII, UAD, Pondok Pesantren, dan lain-lain.

FASILITAS

  • Fisik: asrama putra-putri dilengkapi dipan, kasur dan lemari (kamar mandi putri di dalam asrama), ruang kelas representatif, kamar mandi, kolam renang, koperasi dan kantin.
  • Pendidikan: perpustakaan, laboratorium komputer (dalam proses).
  • Olah raga dan rekreasi: lapangan olah raga (footsal, basket, tenis meja, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli), kolam renang, & kolam pemancingan.
  • Gizi dan kesehatan: makan 3 x sehari dan rumah sakit sendiri; lokasi dekat pondok pesantren (dalam proses ).

KEGIATAN BELAJAR

  1. Tahfizh Al Qur’an
    Pertemuan I : Ba’da Subuh – 06.00
    Pertemuan II : Pkl. 07.15 – 08.00
    Pertemuan III : Pkl. 15.30 – 17.00
    Pertemuan IV : Ba’da Maghrib – 19.00
  2. KBM salafiyah (pagi) : Pkl. 07.00 – 12.45
  3. Ekstra kurikuler : Pkl. 15.30 – 17.00
  4. Belajar malam dan privat : Pkl. 20.00 – 21.00

PROGRAM UNGGULAN

Program Tahfidz Al-Qur’an untuk semua jenjang.

Catatan Prestasi

  • Santri hafal 30 juz : 32 anak
  • Santri hafal di atas 20 juz : 22 anak
  • Santri hafal di atas 15 juz : 35 anak

PROGRAM PENUNJANG

  1. Ekstra Kurikuler: tahsin Al Qur’an, kursus komputer, home industri, keterampilan tata boga, dll.
  2. Refreshing: renang, memancing, dan rihlah.

PENDAFTARAN

1. Syarat-Syarat Pendaftaran

A. Umum

  1. Mengisi formulir pendaftaran.
  2. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 150.000
  3. Menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 (4 lembar).
  4. Menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter.
  5. Diantar oleh orang tua / wali.

B. Khusus

1. Jenjang RA / TK

  • Menyerahkan 2 lembar fotokopi akte/surat kelahiran.
  • Berumur 4 - 5 tahun.

2. Jenjang SU / SD

  • Berumur minimal 6 tahun.
  • Menyerahkan 2 lbr fotokopi akte/surat kelahiran dengan menunjukkan yang asli.
  • Sudah mandiri.

3. Jenjang SW / SMP

  • Menyerahkan fotokopi ijazah SD/sederajat dengan menunjukkan yang asli.
  • Menyerahkan 2 lembar fotokopi rapor kelas 4 – 6 SD/sederajat.
  • Nilai rata-rata akumulatif rapor kelas 4-6 SD/sederajat minimal 6,5

4. Jenjang Takhasus / Persiapan masuk SMA

  • Menyerahkan 2 fotokopi ijazah dengan menunjukkan yang asli.
  • Menyerahkan 2 lembar fotokopi rapor kelas 1 – 3 SMP/sederajat.
  • Nilai rata-rata akumulatif rapor kelas 1-3 SMP/sederajat minimal 6,5

5. Jenjang SA / SMA

  • Menyerahkan 2 fotokopi ijazah dengan menunjukkan yang asli.
  • Menyerahkan 2 lembar fotokopi rapor kelas 1 – 3 SMP/sederajat.
  • Nilai rata-rata akumulatif rapor kelas 1-3 SMP/sederajat minimal 6,5
  • Mampu membaca dan menulis tulisan arab gundul (tidak berharokat).

6. Jenjang Ma’had Ali

  • Menyerahkan 2 fotokopi ijazah SMA/sederajat dengan menunjukkan yang asli.
  • Menyerahkan 2 lembar fotokopi rapor kelas 1 – 3 SMA/sederajat.
  • Nilai rata-rata akumulatif rapor kelas 1-3 SMA/sederajat minimal 6,5
  • Hafal Al-Quran minimal 2 juz.
  • Mampu membaca dan berkomunikasi dengan bahasa arab.
  • Bersedia tinggal di asrama.
  • Siap menjalani praktek mengajar dan tugas lain di jenjang salafiyah.

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

Waktu : 10 April – 17 Juni 2008
Tempat Pendaftaran : Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz atau di perwakilan daerah

Perwakilan daerah:
Lampung 1 (Ust. Kaelani 081540838501), Lampung 2 (Ust. Asmuni 081541032787), Riau (Ust. Urfa 081537503770), Aceh 1 (Ust. Edi Suwanto 081325714293), Aceh 2 (Samir Abdullah 081360065883), Kalimantan Barat 1 (Ust. Makful 081345524387), Kalimantan Barat 2 (M. Fadli 08164997834), Medan (Ust. Abdul Fattah 0819614010), Batam (Ust. Sutarno 08192237915), Cikande, Banten (Ust. Suparno 085885783660), Bekasi (Ust. Supriyanto 08159387334), Banyuwangi (Ust. Sonhaji 081332196815)

SELEKSI, PENGUMUMAN & PENDAFTARAN ULANG

  • Seleksi & Pengumuman: Seleksi dilakukan saat mendaftar dan hasilnya langsung disampaikan.
  • Pendaftaran ulang langsung dilakukan setelah calon santri dinyatakan diterima, dan menyerahkan ijazah atau akte kelahiran asli.

MATERI TES

  • Tes Lisan : baca iqra’ atau baca Al-Quran
  • Tes Tulis : Al Qur’an
  • Tes Wawancara

ACARA ORIENTASI & AWAL BELAJAR

Masa Orientasi Santri : 9 & 10 Juli 2008
Awal Belajar : 13 Juli 2008

BIAYA PENDIDIKAN

1. Uang Pangkal

Santri asrama : Rp 2.000.000,00
Santri non Asrama : Rp 500.000,00
Mahasiswa Ma’had Ali: Rp. 1.000.000,00

2. SPP perbulan

Santri RA
a. Rp. 15.000,00 b. Rp. 20.000,00

Santri asrama ( SU - SA )
a. Rp 300.000,00 b. Rp 350.000,00
c. Rp 375.000,00 d. Rp 400.000,00

Santri non asrama SU
a. Rp 20.000,00 b. Rp 30.000,00 c. Rp 40.000,00

Santri non asrama SW - SA
a. Rp 30.000,00 b. Rp 40.000,00 c. Rp 50.000,00

Mahasiswa Ma’had Ali Rp. 150.000,00

3. Uang Buku *)

SU : Rp 39.000,00
SW : Rp 155.500,00
Takhasus : Rp 262.000,00
SA : Rp 295.000,00
Ma’had Ali : menyusul

Catatan:
* Harga perkiraan; bila kurang wali santri menambah, bila lebih dikembalikan.

4. Uang Ekstra Kurikuler menyusul dan disesuaikan dengan ekstra yang dipilih

INFORMASI

Keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:

  1. Mu’tashim 0274-7002130
  2. Abu Athifah 08175488363
  3. Sumarji 085228114558
Sumber: www.muslim.or.id

Ma’had Al-Irsyad Al-Islamiyyah - Bondowoso

PENDAHULUAN
Segala puji hanya milik Allah U. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang berpegangan dengan persaksiannya.
Ma’had Al-Irsyad Bondowoso dengan segenap potensi yang ada, berusaha maksimal membentuk pribadi yang mau dan mampu memberikan pencerahan untuk dirinya dan lingkungannya. Menghadirkan santri yang menjadi solusi bagi umat.
Untuk itu, Ma’had Al-Irsyad Bondowoso menerapkan kurikulum yang integral dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia – fisik dan psikis – dalam konsep Tarbiyah Islamiyyah dengan manhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan pemahaman khairul ummah.

PROGRAM STUDI
Ma’had Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bondowoso ini membuka program studi 6 tahun untuk alumni SD/MI dan 4 tahun untuk alumni SLTA/MTs. Berijazah ( MTs & MA ) dan Ma’had

FASILITAS
Ruangan kelas yang memadai, asrama santri 2 lantai, sarana olah raga, ruang kesehatan, laboratorium komputer, masjid yang memadai, dapur ( makan 3 x/hari ), perpustakaan buku dan audio visual.

KELANJUTAN STUDI
Alumnus Ma’had Al-Irsyad Bondowoso, saat ini bertebaran di berbagai lambaga pendidikan tinggi, al: Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, LIPIA Jakarta, IAIN dan dimedan-medan da’wah.

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
1. Putra.
2. Mengisi formulir pendaftaran.
3. Foto kopy Ijazah / STK berlegalisir 3 lbr.
4. Pas Photo 2x3 dan 3 x 4 @ 4 lbr.
5. Bea pendaftaran Rp. 30.000,-
6. Siap mematuhi tata tertib Ma’had.

WAKTU DAN TEMPAT
· Waktu : 26 Juni s/d 09 Juli 2008
· Tempat : Kampus Pondok Pesantren Al-Irsyad
Jl. Supriyadi 144 Bondowoso 68217
Tlp/Fax ( 0332 ) 421764
· Tes : 10 dan 11 Juli 2008
· Pengumuman : Sabtu, 12 Juli 2008
· MOS : 13 dan 14 Juli 2008
· Mulai belajar : 15 Juli 2008

BIAYA DAFTAR ULANG
· SPP Juli : Rp. 200.000,( Makan 3x/hari, minum air isi ulang, listrik,
air dan ekstra kurikuler)
· Seragam 3 setel : Rp. 225.000,-
· Uang Buku/kitab : Rp. 125.000,-
· Perlengkapan : Rp. 750.000,- (1 x selama menjadi santri ( meja kursi, kasur spon, ranjang dan almari. Bisa diangsur )

Rute :
Dari terminal Probolinggo / Situbondo naik bus ke terminal Bondowoso. ( Dari terminal bus + 200 M kearah timur )

Sumber: al-irsyadbondowoso.blogspot.com

Pondok Pesantren Minhajus Sunnah – Bogor

Program Tadribud Du’at

PROGRAM PENDIDIKAN
Pendidikan dilaksanakan selama dua tahun di Pondok dan satu tahun praktik dakwah. 
Kegiatan belajar mengajar dilakukan selama enam hari (Sabtu – Kamis) mulai
pukul 08:00 sampai 12:00. Untuk membekali para calon da’i dengan sebaik-baiknya,
pelajaran tambahan wajib akan diselenggarakan pada waktu-waktu yang ditentukan
kemudian.
 
TENAGA PENGAJAR
1. Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas
2. Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat
3. Ustadz Arman Amri,Lc.
4. Ustadz Badru Salam,Lc.
5. Ustadz Kurnaedi,Lc.
 
MATERI KULIAH
1. Aqidah
2. Tafsir
3. Hadits
4. Fiqih
5. Sirah Nabawiyah
6. Bahasa Arab
7. Ushul Fiqih
8. Ushul Da'wah
9. Firaq, Dll
 
FASILITAS PENDIDIKAN
1. Ruang Belajar
2. Asrama Santri
3. Masjid
4. Perpustakaan yang dilengkapi buku-buku berbahasa Arab
 
SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
1. Pria
2. Lulusan Madrasah Aliyah/SMU atau sederajat
3. Ijazah asli dan NEM
4. Pasfoto ukuran 2x3 dan 4x6 (@1 lembar)
5. Usia maksimal 25 tahun
6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menempuh pendidikan
7. Tidak memiliki penyakit serius (harap membawa surat keterangan dokter yang amanah)
8. Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah atau yang lainnya
9. Mampu melunasi biaya pendidikan (baik dari tabungan pribadi, orang tua, atau sponsor)
10. Lulus seleksi (lisan/tulisan)
11. Mengisi formulir pendaftaran.
12. Minimal hafal 2 Juz al-Qur'an
13. Dapat berbahasa Arab walaupun pasif
14. Membayar biaya pendaftaran Rp. 40.000,-
15. Fotokopi KTP/Paspor (3 kali)
 
BIAYA PENDIDIKAN
1. Uang pangkal                       Rp. 400.000,-
2. SPP, makan,asrama, dan lain-lain   Rp. 200.000,-
 
AGENDA PENDAFTARAN
Pendaftaran : 
1 – 30 Dzul Qa’idah 1429 H
30 Oktober – 28 November 2008
 
Ujian Masuk:
15 Dzul Hijjah 1429 H
13 Desember 2008
 
Awal Perkuliahan:
1 Muharram 1430H
29 Desember 2008
 
Tempat Pendaftaran
PONDOK PESANTREN MINHAJUS SUNNAH
Jalan Raya Dramaga, Bogor, Jawa Barat 16680.
Telp. 0251-623761
Atau via POS dengan melampirkan bukti pengiriman Biaya Pendaftaran
BCA Cab.Depok a.n Arman Amri No.Rek.8690292409

Sumber: Majalah Al-Furqan (84)